BUKU | Histori dan Orasi

 

Penulis:  Bambang Soediono
Tahun Terbit: Oktober 2023
Jumlah halaman: vi, 212
ISBN: 978-602-61219-9-8
Penerbit: Focus Publishing Intermedia

Buku menarik berjudul “Histori dan Orasi” ini adalah kombinasi antara potongan-potongan kisah yang bernilai historis dengan kumpulan teks-teks pidato yang berenergi dan menggugah.

Histori yang tertulis dalam buku ini bukan semata mozaik-mozaik atau kenangan-kenangan pribadi dan romantisme masa silam yang dialami oleh penulis belaka, namun ia adalah untold strory, sebuah kisah mengandung misteri dan keanehan yang barang kali belum pernah diceritakan atau hanya disampaikan kepada kalangan terbatas saja.

Sebagaimana dikisahkan dalam buku ini, penulis adalah segelintir orang di muka bumi ini yang pernah menyaksikan fenomena piring terbang atau Unidentified Flying Object (UFO) ketika beliau masih belia. Penampakan UFO dan alien adalah misteri luar angkasa intergalaktik yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Dalam perjalanan selanjutnya, beliau juga menemukan sejumlah pengalaman unik tentang bagaimana kekuatan supranatural itu bekerja, yang diakuinya sendiri bahwa hal-hal metafisis semacam itu berada di luar nalar atau logika manusia.

Juga terdapat sejumlah kisah membanggakan yang mengandung kisah perjuangan, keikhlasan, pengabdian dan prestasi-prestasi dalam profesi dan kehidupan sosial.

Dalam kapasitasnya sebagai tokoh dan sesepuh masyarakat Batam yang berasal dari Jawa Timur, penulis Bambang Soediono, yang diberi gelar Ki Demang, adalah juga seorang orator terbaik, dengan kemampuan retorika yang menggerakkan.

Juga ketika beliau berdiri di atas podium sebagai seorang pendiri, pembina, dan pengelola SMK MHS (Multimedia High School), penulis menampilkan teks-teks orasi yang mengandung energi dan motivasi agar siswa dan siswi maupun para pendidik di MHS dapat memberikan performa terbaik demi kemajuan pendidikan dan meraih masa depan dengan sempurna.

Cara bertutur penulis yang runut dan mampu menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca, juga ditaburi oleh diksi-diksi klasik dan puitis tapi juga dilengkapi beberapa istilah asing, seolah mengembalikan pembaca kepada roman-roman tempo dahulu, sekaligus kekinian.

Secara keseluruhan, buku ini menjadi demikian menarik dibaca untuk membuka cakrawala pembaca tentang adanya dunia lain, dunia misteri yang sekilas tidak logis, namun kemudian menjadi fakta alternatif, dan tentu saja tentang berbagai retorika yang memotivasi dan memompa spirit generasi penerus, untuk menjadi insan-insan terbaik.

Selamat membaca.!