BUKU | Mata Elang Waktu

MATA ELANG WAKTU (HIMPUNAN CERPEN)

Penulis:  Darwis Mohd. Saleh
Tahun Terbit: Oktober 2023
Jumlah halaman: vi + 48 halaman
Penerbit: Focus Publishing Intermedia

Duka Rempang adalah duka kita semua, duka yang menghentak rasa kemanusiaan siapa saja. Ketika keadilan terkoyak, semua pantas muak, ketika kapitalisme menggertak, mereka pun berontak.

Rempang adalah tanah pusaka. Tak hanya soal kemanusiaan, tapi juga soal marwah. Nestapa Rempang memanggil Melayu satu dunia untuk bersuara. Satu di antara mereka adalah Darwis Mohd. Saleh, seorang pria tua eksentris, juru kunci Bandar Bakau, di pesisir Kota Dumai.

Darwis mempersembahkan Mata Elang Waktu, sehimpun cerita pendek berisi 19 judul yang berkisah tentang jerit perih Rempang, sarkasme dan protes kepada penguasa dalam wajah prosa dengan taburan dialek Melayu pesisir yang mulai jarang terdengar. ~

 

Catatan Penulis

Sesembahan cerpen-cerpen ini semakin menandakan aku sudah tak ngerti ruang antara sekat dinding sastera Melayu dengan sekat keayuan keluarga yang berbangsa Melayu.

Dan geliga dialur tulis di cerpen ini, saya titipkan sebuah peran, bahwa MATA ELANG WAKTU adalah falsafah tentang WAKTU di mana di dalamnya kita bisa tergolong merugi, apabila tiada manfaat untuk orang banyak.

Moga sehimpun cerpen ini bermanfaat, terutama bagi generasi cucu.

Salam,
Penulis

Darwis Mohd. Saleh